Pengertian Bina Wicara


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bina wicara terdiri dari kata bina, dan wicara. Dimana pengertian dari bina adalah usaha, tindakan dari kegiatan yang dilaksanakan secara berdaya guna dan berhasil guna memperoleh hasil yang lebih baik. Sedangkan wicara berasal dari kata bicara yang mempunyai arti “bicara”.[1]
Pengertian lain dari bina bicara menurut Eisenson yang dikutip oleh Sadjaah dan Sukarja yaitu pemeriksaan dan pengobatan secara khusus terhadap penderita gangguan bahasa dan gangguan suara “Speech Teraphy is a therappheutic of speech voice and language[2]. Selain itu bicara adalah ekspresi oral dari bahasa[3]. Keterarah wajahan dan keterarah suaraan dimiliki pada umumnya perlu memperoleh pembahasan secara tersendiri, karena keterarah wajahan dan keterarah suaraan merupakan salah satu penentu keberhasilan komunikasi.
Dari beberapa pendapat diatas bina wicara adalah suatu usaha untuk membawa anak didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaan dengan cara bicara.


[1] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke Tiga, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007), h. 152
[2] Edja Sadjaah dan Darjo Sukarja , Bina Bicara, Persepsi Bunyi Dan Irama, (Jakarta: Depdikbud, 1995), h. 140
[3] Pedoman Latihan Bicara Tunarungu, Balitbang, Jakarta, 1984, h.2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bina Wicara"

Post a Comment