Daerah artikulasi

Artikulasi adalah perangkat alat-alat ucap atau alat-alat bicara dimana hasil mekanisme kerjanya memproduksi suara atau bunyi bahasa yang memiliki sifat-sifat khusus. Sehingga bunyi yang dihasilkan antara satu dengan yang lainnya berbeda. Sedangkan pengertian artikulasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah Lafal, pengucapan kata dan perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menghasilkan bahasa. Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa artikulasi adalah perangkat alat ucap yang digunakan untuk menghasilkan bahasa. Bagian linguistik yang mempelajari alat-alat ucap disebut fonetik, sedangkan fonologi mempelajari pola dan organisasi bahasa dalam kaitannya dengan ciri-ciri dan kategori-kategori fonetis. Adapun pembahasannya adalah sebagai berikut:
1)    Fonetik
Fonetik adalah bidang linguistik yang mempelajarai bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak. Fonetik dibedakan menjadi tiga jenis menurut prosesnya, yaitu fonetik artikulatoris, fonetik akustik, dan fonetik auditoris.
Fonetik artikulatoris membahas bunyi-bunyi bahasa menurut cara dihasilkannya dengan alat-alat bicara. Fonetik akustik mempelajari bunyi bahasa sebagai peristiwa fisis atau fenomena alam, bunyi-bunyi itu diselidiki frekuensi getarannya, amplitudonya, intensitasnya, dan timbrenya. Sedangkan fonetik auditoris mempelajarai bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa itu oleh telinga kita. Dari ketiga jenis fonetik tersebut, yang berhubungan dengan bidang linguistik adalah fonetik artikulatoris.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daerah artikulasi"

Post a Comment